Batuk Anak Tak Kunjung Padam

Diposting oleh Oxy Drinking Water 20100504

Siang hari, meski agak lemas, Kiki, 8 tahun, masih bisa bermain dengan sepupunya. Di masa liburan, beruntung ia memiliki nenek yang tinggal tak jauh dari rumahnya. Jadi, dalam kondisi batuk yang terus menempel, ia masih bisa berkunjung ke rumah nenek dan berkumpul dengan sepupunya. "Batuknya sudah dua bulan. Tapi yang parah malam, bisa-bisa dia nggak tidur deh," kata sang mama.

Badan anak yang akan menginjak kelas III sekolah dasar ini memang kurus. Sedari kecil, batuk akrab dengannya. Kadang baru sembuh seminggu, tenggorokannya sudah mulai gatal lagi dan tak lama suara uhuk-uhuk pun muncul dari mulutnya. Dr Haidir Suleiman MM, SpRM menyebutkan batuk merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan lendir yang jumlahnya berlebih. "Jadi, lendir atau dahak diproduksi dalam jumlah besar, sedangkan ukuran saluran pernapasan pada paru ukurannya medium," katanya. Normalnya, ia menyebutkan lendir tersebut keluar dari saluran bronkial dengan aksi dari cilia (rambut getar), menarik napas panjang dan batuk.

Walhasil, batuk adalah suatu motorik refleks. Spesialis anak FX Marseno menjabarkan batuk dipicu oleh sebuah rangsangan yang diteruskan ke otak dan dari pusat batuk di otak dikirim sinyal guna merangsang otot diafragma dan dinding rongga dada untuk beraksi dan berkontraksi. "Tidak semua batu itu jelek. Jadi jangan terlalu cemas," ia menegaskan dalam diskusi yang digelar Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lantas, bagaimana bila batuk yang tidak kunjung sembuh atau terus kambuh? Marseno menyatakan kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dia memaparkan, bisa jadi faktor dokter yang mengobati, orang tua yang melaksanakan program pengobatan yang diberikan dokter, dan faktor lain yang belum diatasi dengan baik. Misalnya, pengaturan lingkungan hidup dan peningkatan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular. Marseno menjelaskan, balita cenderung lebih sering sakit karena daya tahan tubuh mereka terhadap infeksi yang terjadi di sekitarnya masih rendah sehingga mereka cepat tertular. Begitu juga anak yang memiliki bakat alergi yang kuat. Infeksi serupa pada anak tanpa bakat alergi tidak memicu kondisi parah, tetapi pada anak dengan genetik alergi dapat menyebabkan gangguan yang berlarut-larut.

Dari sisi dokter, ia menyebutkan kekambuhan itu bisa jadi karena dokter belum mengetahui penyebabnya dan pemberian obat pun belum tepat. "Atau bisa juga pengobatan sudah tepat, tetapi orang tua tidak melaksanakannya sesuai dengan aturan," Marseno mengungkapkan. Misalnya, dokter meminta diberikan obat tiga kali, pagi-siang-malam, tapi pemberian obat tidak tepat waktu. Padahal, kata dia, dengan tiga waktu itu, ada interval khusus, yakni enam jam. Sedangkan orang tua memberinya obat dalam interval waktu delapan jam. Atau takarannya, seharusnya satu sendok, karena ragu atau takut, menjadi setengah dari takaran seharusnya.

Bisa jadi juga ketika si anak baru sembuh, ia tertular lagi dari lingkungan di sekolah atau rumah. Belum lagi si anak tak kunjung sehat karena faktor lingkungan yang tidak mendukung proses penyembuhan. Artinya, bebasnya si anak dari batuk itu tidak hanya bergantung pada obat-obatan. "Obat saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah batuk yang berulang dan tidak sembuh-sembuh," Marseno menegaskan.

Ia menambahkan, perlu dilakukan juga perbaikan lingkungan hidup karena faktor ini sering menjadi perangsang batuk. Caranya, hindari polusi udara, di antaranya berupa asap rokok, infeksi virus/selesma, bahan kimia, udara kering, dan berenang. Selain itu, perlu peningkatan daya tahan tubuh anak, pengendalian alergi bila ada, dan tentunya kerja sama orang tua dengan dokter.

Marseno menyebutkan batuk pada anak dibagi dua, menurut lamanya dan frekuensi kekambuhannya. Bila berlangsung kurang dari 14 hari disebut batuk akut dan umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Artinya, tidak memerlukan pengobatan yang spesifik. Sedangkan jenis lain ialah batuk kronik, yakni berlangsung lebih dari 14 hari dan berulang-ulang, sedikitnya tiga episode selama tiga bulan berturut-turut. "Nah, yang ini harus dicari penyebabnya dan disembuhkan dengan baik."

Di dunia medis, ia menjelaskan, dokter biasa menentukan lokasi kelainan penyebab batuk, apakah di saluran napas atau paru. Bila di saluran napas pun dicari lagi, apakah bagian atas atau bawah. Nah, pada batuk kronis berulang pada anak ada tiga penyebab. Yang paling sering adalah infeksi virus dan penyakit saluran napas seperti asma dan variannya. Sering juga disebabkan oleh alergi, rhinosinusitis, dan batuk pascainfeksi. Lalu, yang tergolong jarang masuknya benda asing, misalnya karena tersedak, rendahnya kekebalan tubuh, dan kelainan pada bronkus.

Karena itu, Marseno pun mengungkapkan pada anak perangsang refleks batuk pada anak ada tiga hal (SEK). Pertama, sekret, yakni ingus hidung dan lendir di tenggorokan, trakea, bronkus, dan bronkiolus. Kedua, edema--pembengkakan mukosa akibat radang dan infeksi. Biasanya karena alergi atau infeksi virus. Ketiga, kontriksi--penyempitan diameter saluran pernapasan karena pengerutan otot bronkus dan tekanan dari luar. Ia menegaskan, ada kesamaan untuk penanganan antara batuk akut dan kronis. "Obat penghilang batuk tak penting. Pengobatan harus berdasarkan penyebabnya."

TEMPO Interaktif - RITA


Refleks Batuk
1. Batuk adalah sebuah usaha tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan, toksin, dan benda asing dari saluran pernapasan.
2. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh yang alami untuk melindungi sistem pernapasan sehingga batuk akut tidak seharusnya dihentikan atau ditahan. Dalam proses juga akan sembuh sendiri, kecuali bila sudah menjadi kronis.
3. Refleks batu terdiri atas empat tahapan.
a. Inspirasi: Menarik napas panjang, volume udara yang dihirup akan menentukan kekuatan batu. Kemudian glottis tertutup.
b. Kompresi: Terjadilah kontraksi pada otot-otot pernapasan sehingga terjadi tekanan pada rongga dada sangat tinggi sehingga glottis terbuka.
c. Ekspirasi: Aliran turbulen yang tinggi dan cepat sehingga benda-benda asing yang mengganggu dari saluran pernapasan keluar.
d. Relaksasi: Kontraksi terus terjadi pada otot-otot pernapasan sampai terjadi rangsangan batuk berikutnya.

Dongkrak Kelembapan Hidung
1. Dengan minum air sebanyak mungkin.
2. Mandi air hangat dan nasal drop/spray.
3. Menjaga kelembapan udara ruang yang ideal dengan cara memelihara ikan hias di akuarium, kolam kecil, atau humidifier. l

Peluang Usaha Air Oxy - Kesehatan Finansial Dan Kesehatan Tubuh Anda

Air OXY (Oxy Drinking Water ) adalah air minum yang telah diaktifkan dengan menggunakan sinar alpha melalui proses Molecular Resonance e-Magnetic Technology (MReT). Air minum yang mengandung ekstra oksigen murni tinggi serta air minum yang memiliki kandungan mineral An-Organik yang rendah. Tiga hal tersebut adalah kelebihan air OXY dibandingkan dengan air minum kemasan lainnya. Air Oxy memiliki nilai TDS (Total Dissolved Solids) 0 nol ppm.

Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit. Aman bagi segala usia, tidak ada efek samping, serta mempercepat proses penyembuhan.

Sangat Membantu Untuk Yang Mempunyai Masalah Kesehatan seperti :

- Sakit Kepala/ Vertigo / Migrain - Diare - Bronchitis - Kencing Manis (Diabetes Melittus) Readmore .. - Kurang Darah - Mata Merah - Batu Ginjal - Lumpuh (Stroke) - Kegemukan (Obesitas) - Leukimia - Kelebihan Asam Urat - Radang Selaput Lendir - Sindrom Darah Kental - Penyumbatan Pembuluh Darah - Kanker Payudara - Disentri - Mabuk, pusing, gamang - Thalasemy - Kista - Impoten - Katarak - Cepat Letih - Asthma - Darah Tinggi - TBC Paru-paru - Rheumatik - Kolesterol - Radang Otak - Haid Tidak Teratur - Penyakit Saluran Kencing - Maag - Radang/ sakit persendian - Kanker Rahim - Sakit gigi dan sariawan - Gangguan jantung - Berbagai Alergi - Ambeien/ wasir - Thypus - Keputihan - Kelainan Darah - Demam Berdarah - Radang Amandel - Sembelit, dan lain-lain.

Aturan Minum

Minumlah pada saat perut kosong, karena penyerapan terjadi di usus halus dan manfaat untuk kesehatan akan dirasakan secara maksimal.

Untuk pencegahan : minum 1 botol pada malam hari sebelum tidur
Untuk pengobatan : minum 1 botol pada pagi hari dan 1 botol pada malam hari sebelum tidur

Diproses Dengan Teknologi Jerman, Activated water, ozone, oxygen.
BPOM.RI.MD No 254111001281 dan Halal MUI No 12120000050505
Hanya diproduksi dengan kemasan botol ukuran 388 ml. 1 Duz berisi 24 Botol.
Dengan Harga Konsumen Eceran Rp. 6000,-

Labels

Notification

Menerima Pemesanan Air Oxy untuk daerah Surabaya - Sidoarjo.

HARGA PABRIK >>> 107.500/dus

Alternatif Terapi Paling AMAN UNTUK SEGALA USIA dan TERBUKTI NYATA !

MINUM 1 BOTOL UNTUK JAGA KESEHATAN

ANDA SETIAP HARINYA !  

SANGAT PRAKTIS DIBAWA UNTUK ANDA YANG MEMPUNYAI JADWAL AKTIFITAS YANG SIBUK ! 

Pendaftaran cukup 125 ribu Anda sudah mendapatkan Alat Elektrolisa dan Hak Usaha Agen Air oxy dengan buku petunjuk dan akses member, tentunya harga member juga, dan penawaran menarik lain dari kami. Bonus Bulanan langsung Transfer ke Rekening Anda !

Kami juga menyediakan spanduk air oxy dengan jumlah terbatas.

Contact Person :

SURABAYA - BAYU (031-71777100)

SIDOARJO - BUDI (031-70374409)

Hubungi kami segera untuk pemesanan, pendaftaran member atau mengurus pendaftaran keagenan.

Anda sedang mencari Air Oxy dalam jumlah banyak, dapatkan diskon khusus untuk pembelian melalui kami. Barang selalu tersedia, walaupun di lain tempat terkadang Anda temui stok kosong.

Peluang Usaha Yang Dahsyat Untuk Anda Bagi Kesehatan Anda Sekeluarga serta Kantong Dompet Anda Dapatkan Bisnis dan Sehatnya

Demo Produk Air Oxy





Disclaimer: Blog Air-Minum-Oxy.blogspot.com ini bukan web resmi perusahaan www.oxycjdw.com. Tidak ada transaksi keuangan, bonus, refund, atau klaim apapun yang dapat dibebankan pada kami. Informasi terupdate tentang OXY tetap pada main web di www.oxycjdw.com, Anda pun dengan seksama harus membaca dan menyetujui segala bentuk agreement oleh OXYcjdw sebelum memutuskan menjadi bagian team bisnis kami. Alright Reserved Air-Minum-Oxy.blogspot.com Member Of CJDW Network ™