Asma Bronkial

Diposting oleh Oxy Drinking Water 20100429

Orang banyak mengenal asma bronkial sebagai bengek, asma, mengi, ampek, sasak angok, dan berbagai istilah lokal lainnya. Sebenarnya asma bronkial adalah suatu penyakit paru yang ditandai dengan penyempitan menyeluruh saluran napas.

Seperti diketahui, saluran napas bermula dari mulut dan hidung, lalu bersatu di daerah leher menjadi trakea (tenggorok) yang akan masuk ke paru. Di dalam paru, satu saluran napas trakea itu mula-mula akan bercabang dua, satu ke paru kiri dan satu ke paru kanan. Setelah itu masing-masing akan bercabang-cabang lagi sampai 23 kali dan berujung di alveoli, tempat di mana terjadi pertukaran gas, oksigen (O2) masuk ke pembuluh darah dan karbon dioksida (CO2) dikeluarkan.

Ngik-ngik

Nah, secara umum pada asma terjadi penyempitan seluruh saluran napas yang kecil ini. Karena saluran itu menyempit, maka udara yang lewat di saluran menyempit akan berbunyi ngik-ngik. Selain itu, karena saluran napas menyempit, maka pasiennya akan mengeluh sesak napas karena udara pernapasan tidak dapat berjalan lancar.

Sebenarnya penyempitan ini utamanya memang terjadi karena saluran napas yang berbentuk seperti pipa kecil itu mengerut. Tetapi, di pihak lain, pada asma juga terjadi produksi dahak yang berlebihan. Akibatnya, saluran napas yang menyempit karena berkerutnya saluran napas dan akan makin jadi sempit lagi karena ada penumpukan dahak di dalamnya. Penyempitan ini selain menyebabkan sesak napas juga mengakibatkan pasien asma akan mengeluh batuk untuk mengeluarkan dahak yang ada di saluran napasnya.

Jadi, secara umum gejala pasien asma adalah sesak napas, batuk berdahak, dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik. Yang juga cukup mencolok adalah seringnya berbagai keluhan ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh. Hal ini terjadi karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi serta berbagai faktor lainnya.

Putri Malu

Sebenarnya dasar ilmiah utama asma bronkial adalah terjadinya peradangan (inflamasi) pada paru pasiennya. Selain itu pada pasien juga terjadi hiperaktivitas saluran napas, artinya saluran napasnya mudah terangsang. Sebagai analogi mungkin dapat dimisalkan bahwa saluran napas pasien asma adalah seperti putri malu, kalau disenggol akan kuncup, sementara saluran napas orang sehat dimisalkan seperti daun mangga yang bila disenggol tidak akan kuncup. Jadi, kalau ada debu beterbangan, misalnya, maka orang asma akan mengeluh sesak, sementara orang sehat-yang saluran napasnya tidak hiperaktif-terkena debu yang sama tidak akan mengeluh apa-apa. Inilah salah satu beda mendasar antara orang asma dengan yang tidak asma.

Daun putri malu baru akan menguncup kalau disentuh. Kalau tidak disentuh dia tetap berkembang. Demikian juga dengan orang asma, harus ada sesuatu yang "menyentuh"-nya. Inilah yang disebut faktor pencetus. Jenis bisa amat beragam, bisa makanan, bisa aktivitas fisik, bisa penyakit tertentu, dan lain-lain. Misalnya, bila ada orang asma yang sakitnya kambuh kalau makan duren, maka duren adalah faktor pencetus untuk orang itu. Dalam hal ini harus diingat bahwa faktor pencetus satu orang berbeda dengan orang lainnya. Artinya, kalau satu orang ternyata asmanya kambuh karena makan ikan tuna, misalnya, maka orang asma lain belum tentu kambuh karena makan ikan yang sama. Karena itu, setiap pasien asma harus jadi detektif untuk mencari faktor pencetus apa yang membuat asmanya kambuh. Lihat dari pengalamannya sendiri selama ini. Tidak terlalu benar pendapat yang mengatakan ada daftar yang tidak boleh dimakan oleh semua penderita asma, belum tentu semua orang sama.

Semprot Aman

Obat untuk menangani asma pada dasarnya dibagi dua, yaitu kelompok pelega (reliever) dan pengontrol (controller). Kelompok pelega bertugas melebarkan saluran napas yang menyempit, disebut sebagai bronkodilator. Kalau mau pakai analogi di atas, maka obat bronkodilator ini membuat daun putri malu yang menguncup jadi mengembang kembali. Yang termasuk obat kelompok pelega antara lain adalah jenis xantin, beta 2 agonis, antikholinergik, dan lain-lain yang dijual dalam berbagai merek dagang di lapangan. Sementara itu, obat pengontrol berfungsi menjaga agar saluran napasnya tidak cepat menyempit, atau kalau bisa tidak menyempit sama sekali walaupun ada faktor pencetus. Kalau pakai analogi di atas maka obat pengontrol bertujuan membuat daun putri malu tidak mudah menguncup kalau disentuh, atau bahkan kalau mungkin membuat dia tidak menguncup sama sekali seperti halnya daun mangga. Yang termasuk obat pengontrol adalah jenis steroid, juga dengan berbagai merek dagang di pasar.

Dapat disampaikan di sini bahwa obat asma yang kini banyak beredar dan dapat dibeli bebas di pasar adalah kelompok pelega. Kelompok pengontrol hanya dapat diberikan dengan resep dokter.

Satu hal lain yang perlu diketahui masyarakat luas adalah cara pemberian obat. Ada beberapa cara pemberian obat asma, yaitu yang diminum, disuntikkan dan disemprotkan/dihisap langsung ke saluran napas. Jadi, katakanlah obat golongan beta 2 agonis dapat diberikan dalam bentuk tablet, sirup, suntikan dan juga yang disemprotkan/ dihisap. Perlu diketahui masyarakat luas bahwa cara pemberian obat asma yang paling baik adalah dengan disemprotkan/dihisap langsung ke saluran napas, apalagi untuk pemberian jangka panjang. Ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Pertama, obat yang disemprotkan/ dihisap akan maksud langsung ke saluran napas, jadi efeknya lebih cepat. Kedua, karena masuknya langsung ke saluran nafas maka dosisnya bisa lebih kecil untuk mendapatkan efek yang baik. Ketiga, efek samping obat yang disemprotkan/dihisap akan lebih kecil daripada orang yang diminum. Obat yang diminum akan masuk dulu ke perut, lalu diserap pembuluh darah dan baru diedarkan ke seluruh tubuh dan sebagian ke saluran napas sehingga dosisnya perlu lebih tinggi, efeknya lebih lambat dan efek samping lebih tinggi. Tidak benar pula pendapat sebagian masyarakat yang mengatakan kalau obat yang disemprot/dihisap akan menyebabkan ketagihan, justru cara pemberian secara disemprot/dihisap inilah yang paling baik.

Dukungan Keluarga

Cara pencegahan terbaik tentu dengan mengenal dan menghindari faktor pencetus. Hal ini tentu tidak selalu mudah. Katakanlah pada exercise induced asthma, asma yang dicetuskan dengan aktivitas fisik maka tentu tidak mungkin orang tidak boleh beraktivitas sama sekali. Untuk keadaan seperti ini mungkin dapat diberikan dulu obat pelega sebelum melakukan aktivitas.

Cara lain adanya tentunya dengan memberi obat pengontrol. Hanya saja saat ini obat pengontrol yang baik adalah kelompok steroid yang harus diberikan dalam jangka lama, mungkin beberapa tahun dan karena itu harus diberikan dalam bentuk disemprot/ dihisap. Pasien juga dapat melakukan senam asma yang kini telah dikembangkan di Indonesia.

Untuk asma ini juga harus dibina dengan baik antara dokter, pasien dan keluarga. Dukungan keluarga amat penting untuk mengendalikan asma seorang pasien. Pengetahuan pasien dan keluarga tentang seluk-beluk asma akan jadi pilar penting pula dalam keberhasilan mengendalikan asma pada seorang pasien.

Tjandra Yoga Aditama - www.suarapembaruan.com

Peluang Usaha Air Oxy - Kesehatan Finansial Dan Kesehatan Tubuh Anda

Air OXY (Oxy Drinking Water ) adalah air minum yang telah diaktifkan dengan menggunakan sinar alpha melalui proses Molecular Resonance e-Magnetic Technology (MReT). Air minum yang mengandung ekstra oksigen murni tinggi serta air minum yang memiliki kandungan mineral An-Organik yang rendah. Tiga hal tersebut adalah kelebihan air OXY dibandingkan dengan air minum kemasan lainnya. Air Oxy memiliki nilai TDS (Total Dissolved Solids) 0 nol ppm.

Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit. Aman bagi segala usia, tidak ada efek samping, serta mempercepat proses penyembuhan.

Sangat Membantu Untuk Yang Mempunyai Masalah Kesehatan seperti :

- Sakit Kepala/ Vertigo / Migrain - Diare - Bronchitis - Kencing Manis (Diabetes Melittus) Readmore .. - Kurang Darah - Mata Merah - Batu Ginjal - Lumpuh (Stroke) - Kegemukan (Obesitas) - Leukimia - Kelebihan Asam Urat - Radang Selaput Lendir - Sindrom Darah Kental - Penyumbatan Pembuluh Darah - Kanker Payudara - Disentri - Mabuk, pusing, gamang - Thalasemy - Kista - Impoten - Katarak - Cepat Letih - Asthma - Darah Tinggi - TBC Paru-paru - Rheumatik - Kolesterol - Radang Otak - Haid Tidak Teratur - Penyakit Saluran Kencing - Maag - Radang/ sakit persendian - Kanker Rahim - Sakit gigi dan sariawan - Gangguan jantung - Berbagai Alergi - Ambeien/ wasir - Thypus - Keputihan - Kelainan Darah - Demam Berdarah - Radang Amandel - Sembelit, dan lain-lain.

Aturan Minum

Minumlah pada saat perut kosong, karena penyerapan terjadi di usus halus dan manfaat untuk kesehatan akan dirasakan secara maksimal.

Untuk pencegahan : minum 1 botol pada malam hari sebelum tidur
Untuk pengobatan : minum 1 botol pada pagi hari dan 1 botol pada malam hari sebelum tidur

Diproses Dengan Teknologi Jerman, Activated water, ozone, oxygen.
BPOM.RI.MD No 254111001281 dan Halal MUI No 12120000050505
Hanya diproduksi dengan kemasan botol ukuran 388 ml. 1 Duz berisi 24 Botol.
Dengan Harga Konsumen Eceran Rp. 6000,-

Labels

Notification

Menerima Pemesanan Air Oxy untuk daerah Surabaya - Sidoarjo.

HARGA PABRIK >>> 107.500/dus

Alternatif Terapi Paling AMAN UNTUK SEGALA USIA dan TERBUKTI NYATA !

MINUM 1 BOTOL UNTUK JAGA KESEHATAN

ANDA SETIAP HARINYA !  

SANGAT PRAKTIS DIBAWA UNTUK ANDA YANG MEMPUNYAI JADWAL AKTIFITAS YANG SIBUK ! 

Pendaftaran cukup 125 ribu Anda sudah mendapatkan Alat Elektrolisa dan Hak Usaha Agen Air oxy dengan buku petunjuk dan akses member, tentunya harga member juga, dan penawaran menarik lain dari kami. Bonus Bulanan langsung Transfer ke Rekening Anda !

Kami juga menyediakan spanduk air oxy dengan jumlah terbatas.

Contact Person :

SURABAYA - BAYU (031-71777100)

SIDOARJO - BUDI (031-70374409)

Hubungi kami segera untuk pemesanan, pendaftaran member atau mengurus pendaftaran keagenan.

Anda sedang mencari Air Oxy dalam jumlah banyak, dapatkan diskon khusus untuk pembelian melalui kami. Barang selalu tersedia, walaupun di lain tempat terkadang Anda temui stok kosong.

Peluang Usaha Yang Dahsyat Untuk Anda Bagi Kesehatan Anda Sekeluarga serta Kantong Dompet Anda Dapatkan Bisnis dan Sehatnya

Demo Produk Air Oxy





Disclaimer: Blog Air-Minum-Oxy.blogspot.com ini bukan web resmi perusahaan www.oxycjdw.com. Tidak ada transaksi keuangan, bonus, refund, atau klaim apapun yang dapat dibebankan pada kami. Informasi terupdate tentang OXY tetap pada main web di www.oxycjdw.com, Anda pun dengan seksama harus membaca dan menyetujui segala bentuk agreement oleh OXYcjdw sebelum memutuskan menjadi bagian team bisnis kami. Alright Reserved Air-Minum-Oxy.blogspot.com Member Of CJDW Network ™